Info Baris :
SELAMAT DATANG di Website Resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Pastikan Jika Sejawat Adalah Internis, Telah Mendaftar & Terdaftar Sebagai Anggota PAPDI. Pendaftaran Dapat Dilakukan di Cabang PAPDI Tempat Sejawat Berdomisili #### 
Untitled Document
Posisi : Home » Berita » Detail Berita
Kongres Nasional PAPDI (KOPAPDI) XVII Surakarta 2018
       
Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) telah menghelat pergelaran kegiatan Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (KOPAPDI) XVII Surakarta tahun 2018, dengan tuan rumah pelaksana kegiatan KOPAPDI XVII adalah PAPDI Cabang Surakarta. Kegiatan KOPAPDI XVII dilaksanakan pada tanggal 11-15 Juli 2018 di Hotel Alila Solo, baik untuk acara Sidang Organisasi PAPDI, Pembukaan KOPAPDI, Simposium & Workshop, Konvokasi Fellow FINASIM, Poster Session dan Malam Keakraban.

Berdasarkan data registrasi peserta dari panitia KOPAPDI diperoleh informasi total perserta acara KOPAPDI XVII Surakarta 2018 mencapai 3.374 orang peserta terdaftar di registrasi panitia KOPAPDI, yang terdiri dari Internis (Anggota PAPDI), Spesialis dari bidang ilmu lainnya, Pembicara & Moderator, Panitia Dokter, Dokter Umum dan Mahasiswa kedokteran serta undangan.

Acara pembukaan KOPAPDI XVII Surakarta dilaksanakan di ruang Ballroom B Hotel Alila Solo, Jumat, 13 Juli 2018 yang dibuka oleh Wakil Walikota Solo, Bpk. Achmad Purnomo, didampingi oleh Ketua Umum PB PAPDI terpilih periode 2018 – 2021, dr. Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP, kemudian Ketua Umum KIPD terpilih periode 2018 – 2021, dr. Irsan Hasan, SpPD, K-GEH, FINASIM dan Sekjen PB IDI, dr. Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT serta Ketua PAPDI Cabang Surakarta, Prof. Dr. dr. HM. Bambang Purwanto, SpPD, K-GH, FINASIM; yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Walikota Solo untuk membuka secara resmi pelaksanaan KOPAPDI XVII Surakarta 2018. 

Sebelumnya telah dilaksanakan agenda Sidang Organisasi PAPDI pada hari Rabu - Kamis, tanggal  11 – 12 Juli 2018, yang dihadiri oleh Pengurus Besar PAPDI, Pengurus KIPD, semua perwakilan di 38 Cabang PAPDI, perwakilan Seminat dan Peninjau dari Cabang PAPDI.

Sidang Organisasi dimulai dengan Sidang Pleno1 dengan agenda pemilihan pimpinan Presidium sidang organisasi. Terpilih tiga orang sebagai Ketua Presidium, yakni dr. Mardianto, SpPD, K-EMD, FINASIM (PAPDI Cabang Sumatera Utara), Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD, K-EMD, FINASIM, FACP (PAPDI Cabang Surabaya), dan dr. I Komang Adi Sujendra, SpPD, FINASIM (PAPDI Cabang Sulawesi Tengah). 

Sekretaris Presidium yang terpilih adalah dr. Eka Ginanjar, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP, FICA (PAPDI Cabang Jakarta Raya), Dr. dr. Arina, Widya Murni, SpPD, K-Psi, FINASIM (PAPDI Cabang Sumatera Barat), dan dr. Jansye Cynthia Pentury, SpPD (PAPDI Cabang Maluku).

Selanjutnya, Sekjen PB PAPDI menyerahkan Pimpinan Sidang kepada Ketua Presidium yaitu dr. Mardianto, SpPD, K-EMD, FINASIM dan Sidang Organisasi secara resmi dibuka dengan agenda pertama, adalah mengesahkan kuorum sidang serta mengesahkan agenda dan tata tertib sidang. Agenda sidang lainnya adalah penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) Ketua Umum PB PAPDI dan KIPD serta pembagian komisi-komisi, yang dibagi dalam 5 (lima) komisi.

Untuk sidang Pleno 2 dilaksanakan setelah selesai pelaksanaan sidang ke-5 komisi tersebut. Untuk pembagian lima komisi tersebut yaitu :
1. Komisi 1 : Organisasi dan Advokasi
2. Komisi 2 : Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat, Bidang Kemitraan dan Kerjasama, Bidang Etik dan Medikolegal
3. Komisi 3 : Pengembangan Profesi serta Bidang Penelitian dan Pengembangan
4. Komisi 4 : Bidang Pendidikan Spesialis
5. Komisi 5 : Bidang Pendidikan Subspesialis
Dalam setiap komisi ini terdiri dari utusan dari setiap PAPDI Cabang yang telah mendaftarkan anggota nya sebelum pelaksanaan sidang organisasi. 
 
Beberapa hasil keputusan KOPAPDI XVII tahun 2018 di Surakarta :
1. Terpilihnya Ketua Umum PB PAPDI Periode 2018 – 2021 secara aklamasi, dr. Sally Aman Nasution, SpPD, K-KV, FINASIM, FACP untuk memimpin PB PAPDI

2. Tepilihnya Ketua Umum Kolegium KIPD Periode 2018 – 2021 secara aklamasi, dr. Irsan Hasan, SpPD, K-GEH, FINASIM untuk memimpin Kolegium KIPD

3. Terpilihnya tempat pelaksanaan Konferensi Kerja (KONKER) PAPDI tahun 2020 di Kota Bandar Lampung (PAPDI Cabang Lampung)

4. Terpilihnya tempat pelaksanaan Kongres Nasional PAPDI (KOPAPDI) tahun 2021 di Kota Semarang (PAPDI Cabang Semarang)
 
Untuk kegiatan Konvokasi Fellow FINASIM dilaksanakan Jumat, 13 Juli 2018 dengan total anggota PAPDI yang memperoleh gelar Fellow FINASIM periode 2015 – 2018 kali ini adalah 513 orang anggota.
Prof. Dr. dr. Aru W Sudoyo, SpPD, K-HOM, FINASIM, FACP yang hadir sebagai Presiden International Society of Internal Medicine (ISIM) memberikan Key Note Speaker pada sesi “Utojo Sukaton memorial lecture”. Acara ditutup dengan sesi photo bersama seluruh anggota yang dilantik Fellow FINASIM per Cabang PAPDI bersama Ketua Umum PB PAPDI dan Ketua Umum KIPD terpilih periode 2018 – 2021.
 
Untuk melihat galery kegiatan KOPAPDI XVII Surakarta, silahkan klik link di bawah ini : 
 
Sampai bertemu pada pelaksanaan KOPAPDI XVIII di Semarang tahun 2021 dan selamat atas telah terlaksananya KOPAPDI XVII di Surakarta 2018.
 
 
 
=======================================================
 
 

(admin-IT PB PAPDI) 


Berita Dilihat Sebanyak : 1.741 kali
Komentar Anda :
Email
:

Nama Lengkap
:

Komentar
:

Maksimal 250 karakter


Kode Spam
:



0 Komentar Anda :