Info Baris :
SELAMAT DATANG di Website Resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Pastikan Jika Sejawat Adalah Internis, Telah Mendaftar & Terdaftar Sebagai Anggota PAPDI. Pendaftaran Dapat Dilakukan di Cabang PAPDI Tempat Sejawat Berdomisili #### 
Untitled Document
Posisi : Home » Finasim

Di dalam perhimpunan-perhimpunan profesi kedokteran berbagai negara seperti di Amerika Serikat dan Eropa, "Fellow" adalah sebuah gelar kehormatan yang dicapai melalui pengakuan dari sesamanya ("peers") atas integritas pribadi, kompetensi yang superior di ilmu penyakit dalam, dan bukti atas prestasi pribadi serta akademik. Dalam perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam di Amerika Serikat (American College of Physician atau ACP), misalnya, seorang Fellow berada di atasanggota biasa (member) ataupun variasinya (associate dan affliate member). Pengakuan itu diberikan oleh sebuah komite khusus (disebut credentials subcommittee), setelah mempelajari data profesional anggota yang melamar, serta dikukuhkan setiap tahun pada pertemuan tahunan organisasi dalam sebuah upacara konvokasi.

Beberapa perhimpunan memberikan gelar Honorary Fellow pada individu-individu di luar organisasi atau profesinya atas jasa maupun kontribusi terhadap profesi /organisasi. Pimpinan perhimpunan mancanegara yang datang sebagai tamu pada pertemuan tahunan juga kerap dikukuhkan dengan gelar tersebut.

Seorang Fellow mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan anggota biasa, dengan berbagai fasilitas tambahan seperti biaya registrasi yang lebih ringan pada konferensi dan sebagainya.

Para Fellow diperkenankan menggunakan gelar tersebut dalam kegiatan profesional mereka sepanjang mereka masih berstatus anggota pada perhimpunan yang bersangkutan, serta diperbolehkan menjadi sponsor atas lamaran anggota lain yang melamar untuk menjadi fellow.

Pada hakikatnya, status Fellow itu diciptakan sebagai pengakuan atas kontribusi seorang anggota yang dianggap secara profesi "lebih dari biasa", dan tidak hanya mencakup kegiatan maupun pencapaian akademis saja. Seorang internis yang jauh dari laboratorium maupun pusat pendidikan namun dianggap berhasil dalam mengangkat nama organisasi profesi penyakit dalam di masyarakat atau di daerah terpencilpun dapat dipertimbangkan.


Fellow of Indonesian Society of Internal Medicine
(FINASIM)

Adalah gelar kehormatan pertama kali dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yang akan diberikan kepada para internis dan guru besar. Proses pemberian gelar tersebut pertama kali diberikan dalam acara konvokasi yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 12 November 2009 di Hotel Kempinski di Ruang Ball Room C dan D, bersamaan dengan Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (KOPAPDI-XIV tanggal 11 - 14 November 2009 di Jakarta).

Prestasi dan hasil kerja seorang internis mungkin dibatasi oleh ruang lingkup kerja serta ketersediaan sumberdaya, namun tidak mengurangi kesempatan / terpilihnya menjadi Fellow karena pengakuan diberikan atas sumbangsihnya pada masyarakat di mana ia tinggal dan bekerja. Ini berarti fellow diberikan tidak harus berkaitan dengan aktifitas akademik.

Beberapa nilai yang digunakan:
1. Menjunjung tinggi dan mempraktekkan standar klinis dan idealisme etika.
2. Menunjukkan kepemimpinan di masyarakatnya secara regional atau nasional dalam hal-hal yang menyangkut peningkatan dalam bidang kesehatan, komunitas dan sosial.
3. Memberikan pendidikan dan informasi pada orang lain termasuk mahasiswa, residen, trainee dan petugas kesehatan lain.
4. Bekerja memajukan profesinya melalui keterlibatan dalam panitia, komite medik rumah sakit, perhimpunan profesi, dan organisasi dalam masyarakat.
5. Memberikan tenaganya secara sukarela pada kegiatan-kegiatan medik di masyarakat.
6. Menjadi anggota dalam panitia atau komite di fakultas atau rumah sakit serta memajukan profesi sebagai karir.
7. Menjalankan penelitian dalam ilmu kedokteran serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang menunjang penyakit dalam sebagai profesi.
8. Selalu mengupayakan up to date dalam pendidikan kedokteran.
9. Ikutserta dalam kegiatan-kegiatan organisasi.

Jadi pada dasarnya seorang Fellow dipilih oleh sebuah komite, bukan karena jenjang karir, gelar profesor atau doktor, ataupun kedudukan. Kehormatan dan pengakuan atas dasar profesionalisme yang tinggi itu diberikan juga pada mereka yang bekerja di perifer dan di tengah masyarakat tertinggal tanpa dukungan fasilitas. Jadi kata kuncinya adalah: achievement, dedicated dan commitment.

Adapun persyaratan kelengkapan dokumen sebagai berikut dapat dilihat di form pendaftaran.

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Sekretariat PB PAPDI: Jl. Salemba I No. 22-D, Kel. Kenari, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Telephone: 021 - 319 28025 / 26, dan Fax: 021 - 319 28028 / 27, Website: www.pbpapdi.org dan Email: pb_papdi@indo.net.id

Surat Edaran tentang FINASIM 2016 dan Formulir Aplikasi Pendaftaran FINASIM 2016 (file PDF)
dapat Sejawat unduh pada folder FINASIM ini dan formulir beserta semua berkas kelengkapan Dokter dapat dikirimkan langsung Via Post Surat ke Alamat Sekretariat PB PAPDI tersebut di atas.

===================================================

(admin_IT PB PAPDI)


 Download :